Motor Tidak Langsam dan Lambat Langsam, Denotasi

 

Motor Tidak Langsam dan Lambat Langsam


Hal ini disebabkan oleh kebocoran intake manifold, yang mungkin lantaran karet o-ring penyekat di leher angsa pecah atau lantaran mengencangkan 2 baut pengikat karburator tidak secara bersamaan, bisa juga karena baut pengikat manifold slek atau rusak dan ulir baut manifold dol. Jika o-ring pecah dan baut slek ganti dengan yang baru, tetapi kalau yang rusak ulir dudukan baut untuk memperbaikinya tap dudukan baut itu di tukang bubut.  



a. Langsam ngaco (naik turun)
Langsam motor tidak stabil, kadang-kadang tinggi dan kadang-kadang rendah. Penyebabnya antara lain:
  1. Karburator kotor sehingga campuran bahan bakar dan udara tersumbat kotoran. 
  2. Setelan tinggi permukaan pelampung terlalu rendah, yang juga akan menyebabkan pasokan bahan bakar tidak stabil. 
  3. Pembukaan sekrup pilot atau setelan udara tidak tepat.

CATATAN
Sering terjadi kasus di mana turunannya putaran stasioner sangat lama jika mesin sedang panas, tetapi kalau dingin keadaannya menjadi normal. Penyababnya adalah terjadi kebocoran pada intake manifold (karet flens dari karburator ke silinder sobek atau sudah keras dan bisa juga baut kurang kencang).

b. Langsam lambat
Untuk mendeteksi motor yang mengalami lambat langsam, fokuskan seputar karburator atau komponen-komponen yang memengaruhi kinerja karburator, antara lain: 
  • Jarum skep terlalu gambot. 
  • Skep dan rumah skep berkerak. 
  • Per skep lemah. 
  • Setelan kabel gas atas dan bawah kurang menutup sehingga rumah skep tidak menutup rapat. 
  • Tali gas tidak lancar (seret). 
  • Ruang bakar berkerak. 
  • Saluran suplai gas bakar bermasalah.
Tetapi kalau gerak skep lancar dan ruang bakar bersih, coba perhatikan apakah permukaan jarum skep dan piston skep tergores atau oval. Jika ada bagian yang tergores atau oval (bocor) berarti udara luar masuk ke dalam ruang bakar sehingga lambat langsam. Juga perhatikan sambungan di intake manifold dan seal kruk as dekat magnet.

c. Motor “nembak-nembak” 
Kejadian “nembak-nembak” sering terjadi pada motor yang sudah tidak standar lagi misalnya yang knalpotnya diganti dengan knalpot racing. Penyebab lain adalah packing atau baut knalpot sudah aus. Untuk kasus yang pertama cara mengatasinya adalah dengan mengganti spuyer yang terlalu kecil dan mengatur setelan angin. Sedangkan untuk kasus kedua diatasi dengan penggantian packing atau baut knalpot.
Suara Brebet Gejala Sepeda Motor Tidak Normal
Suara brebet menandakan motor bermasalah. Pada motor yang masih standar cara mengatasi adalah mengenali suara itu lebih dulu.
• Misalnya brebet muncul pada putaran rendah sampai menengah. Jika motor belum dikorek biasanya setelan udara (air screw) terlalu besar atau posisi klip jarum skep pada posisi paling irit.
• Jika mesin brebet hanya pada rpm tinggi berarti ukuran main jet motor terlalu kecil, sehingga pada saat skep terangkat, udara banyak yang masuk tetapi tidak diimbangi dengan pasokan BBM.
• Jika brebet disertai suara ledakan bertubi-tubi, kemungkinan besar ada masalah pada komponen pengapian. Coba anda deteksi mulai dari sepul, cdi, koil, pulser dan busi.

CATATAN
Terdapat kasus motor brebet tetapi gejala itu hilang kalau lampu depan dinyalakan. Hal ini disebabkan karena massa tidak memadai. SOLUSI:
• Perikasa kabel bodi secara keseluruhan.
• Kemungkinan kiprok atau regulator lemah.

Denotasi
a. Gejala knocking
Bercirikan mesin yang ngelitik saat gas dibuka, namun tidak mempercepat putaran mesin. Bila mengalami hal tersebut mesin akan kehilangan daya. Temperatur silinder menjadi sangat panas sehingga merusak silinder, katup atau piston, dan ring piston. Penyebab knocking adalah:
1) Mesin terlalu panas.
2) Kualitas BBM sangat rendah.
3) Pengapian atau ignition yang terlalu maju.
4) Piston dan silinder aus.
5) Campuran bahan bakar terlalu minim.
6) Ruang bakar tertutup banyak karbon.

b. Pembakaran terjadi kemudian atau after firing atau afterburn
Gejala after firing atau afterburn adalah kadang terjadi ledakan dalam knalpot (ledakan di mulut knalpot atau bahan bakar meletus di dalam knalpot) ketika engine breaking. 
  1. Pembakaran tidak tepat atau misfiring yang disebabkan oleh busi yang rusak. 
  2. Campuran bensin dan udara terlalu kaya. 
  3. Waktu pengapian atau ignition timing terlambat atau tidak bekerja dengan baik. 
  4. Waktu buang atau exaust valve bocor 
  5. Sistem pulse secondary air injektion (PAIR) tidak bekerja baik (khusus pada jenis motor yang telah memakai sistem PAIR).
• PAIR cotrol valve tidak bekerja dengan baik.
• PAIR check valve tidak bekerja dengan baik.
• Selang sistem PAIR tersumbat.

c. Backfires (api menjalar kembali melalui klep masuk menuju karburator)
Suatu ledakan yang terjadi dekat intake manifold dan pada saat yang sama mesin tidak mempunyai daya, lalu api kembali di sekitar katup masuk atau intake valve.
Penyebab hal ini adalah:
1) Mesin terlalu panas.
2) Campuran bensin dan udara terlalu miskin.
3) Katup masuk bocor.

Komentar

  1. Sebelumnya maaf kalau saya pengen curhat sedikit....
    Saya mau nanya buat para master roda 2 yang terhormat,
    Saya beli karburator PWL 28 ori punya ninja yang skepnya di lapis teflon (beli di dealer resmi kawasaki) Harga Rp. 1.200.000 yang saya pake buat Honda mega pro tahun 2005 tapi sudah jadi 200cc CDI racing dan Koil Racing (Merk BRT) dan busi masih standard, awal dipake karbunya tidak ada masalah tetapi setelah dipakai 1 bulan timbul masalah yaitu saat malam atau cuaca dingin gas lambat turun dan terkadang RPM naik dengan sendirinya (masalah ini cuman muncul saat malam atau siang hari saat cuaca dingin karena hujan tetapi kalau cuaca panas tidak ada masalah walau gas di betot full untuk kenceng2 an) kemudian saat malam saya stel karbu menjadi basah masalah akan hilang hanya saja stelan basah tidak nyaman buat berkendara karena suara yang nembak2 dan naik motor serasa naik kuda terus menurut saya itu bukan solusi kalau harus stel kering untuk siang dan stel basah untuk malam.
    Saya sudah cek skep tidak ada masalah masih mulus tanpa beret.. coba gonta ganti manipol punya tiger sama scorpio tapi tetep aja penyakitnya gk hilang, gonta ganti pilot jet main jet dari mulai yang kecil sampe besar juga penyakitnya belum hilang, saya lubangi skep dan nambah per juga penyakit masih ada, menutup lubang choke juga penyakit masih belum sembuh.
    Kemudian saya juga sempet terfikir namun belum saya aplikasikan yaitu menarik kawat dari mesin yang tujuan saya mengalirkan panas dari mesin ke karbu (karena saat malam karbu terasa dingin dan terkadang sampai berembun)

    Saya mohon bantuan dari para master kalau saja ada yang pernah mengalami masalah seperti saya dan tolong berbagi informasi...
    sementara karbu tidak saya pake karena belum ketemu cara memperbaikinya...
    maaf kalau tulisan saya terlalu panjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Letak masalahnya ada di cdi, coba ganti yang standard

      Hapus
    2. @semar inside : Itu tandanya karbu ada kebocoran, udara dari luar masuk ke ruang bwkar. Periksa intake manifod/leher angsa ketat apa gk nguncinya,tutup piston skep, mgkin nutupnya gak ketat atau karet tutupnya peston skepnya gk duduk.

      Hapus
  2. gini gan, kl motor pas jalan langsamnya lambat, tp kl roda gk berputar langsam normal. kasih tau dong.................

    BalasHapus
  3. wah asik nemu artikel bermanfaat banget nih, sebab kadang sering salah kaprah jika sedang mengalami motor yang ngempos saat di gas, sip gan terima kasih.

    BalasHapus
  4. Assalam. mas mw tanya nich.. motorku beat motel lama.. masalahnya udah di ganti bru sfoel, kiprok,aki, busi, cap Busi,CDI n sampe ganti sekring,, sampe skrg blm bisa stabil distater masih susah n bila udah nyala motor gak mw jalan bila digas, motor seperti grebet.. .. maksh.. mohon bantuannya

    BalasHapus
  5. Motor saya pas mau di panasin langsam normal tpi setelah mesin panas langsam ngak normal tinggi di honda all new cbr150r.

    BalasHapus
  6. Mohon baNtuannya. Untuk honda cs1 mau curhat motor sya susah hidup mesin nya kalu hidup gk normal maunya gas pol trus mati klu gas renda.Dn knalpot sma karbu batuk" mengeluarkan api.?

    BalasHapus
  7. Mohon baNtuannya. Untuk honda cs1 mau curhat motor sya susah hidup mesin nya kalu hidup gk normal maunya gas pol trus mati klu gas renda.Dn knalpot sma karbu batuk" mengeluarkan api.?

    BalasHapus
  8. Mohon baNtuannya. Untuk honda cs1 mau curhat motor sya susah hidup mesin nya kalu hidup gk normal maunya gas pol trus mati klu gas renda.Dn knalpot sma karbu batuk" mengeluarkan api.?

    BalasHapus
  9. mhon bantuannya ya bang....kan ada sa beli karbo gl pro,trus saya pasang ke motor saya...ternyata mesinnya jadi susah nyala,trus klo sudah nyala mesinnya jadi gila,,,,tolong bang bantuin ya bang

    BalasHapus
  10. Motor saya kharisma, waktu di hidupin langsung gas tinggi sendiri mohon jwbnnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelan karbunya bos..coba diotak atik setelan bensin dan anginnya

      Hapus
    2. Stelan kabel gasnya coba klau ndk cek skepnya biasanya udh baret jadi seret skepnya sama tonjolan tssnya

      Hapus
  11. Motor saya Supra lama saya oasang karbu kharisma kalau udah panas ga bisa langsam kenapa ya ?

    BalasHapus
  12. Saya mau nanaya knp vega zr saya kalau di gas ngk mau tp hidup di pengaturan ny jg sd tp tetao ngk mau

    BalasHapus
  13. Saya mau nanya knp vega zr sy kalu di gas ngk mau di atur tp hidup di pengaturan ny jg sd tp tetap ngk mau

    BalasHapus
  14. Motor saya kalo gas di angkat 50% atau 25% gas lambat lambat turun dan mati....tapi kalo di tutup karburator nah oke tangan tidak mati, dan buat geber geber pun gak bisa

    BalasHapus
  15. Itu tandanya karbu ada kebocoran, udara dari luar masuk ke ruang bwkar. Periksa intake manifod/leher angsa ketat apa gk nguncinya,tutup piston skep, mgkin nutupnya gak ketat atau karet tutupnya peston skepnya gk duduk.

    BalasHapus
  16. Mau tanya mas..,,MTR saya Nouvo lele karbu & part mesin standar semua,,tapi susah langsam dan sekalian langsam nyendat nyendat/brebet kira kira apanya ya yang bermasalah..?? Mohon pencerahannya terimakasih

    BalasHapus
  17. MTR saya Nouvo lele,,semua standar termasuk karburator standard..!! Disaat langsam tidak stabil alias nyendat & brebet,,kira" apanya ya yang bermasalah..?? TerimakasihT

    BalasHapus
  18. Slmt siang..maf mengganggu sebntr waktunya..saya hanya ingin curhat dn meminta pendapat.sya punya honda new CBR 150. Kluaran thn 2019. Motr msih muda sih trmsuknya.tpi yang saya herankan penyakitnya yg tak kunjung sembuh..yaitu langsam. Pada saat mtr di standar 1 kan/posisi diam di tempt.langsam dn RPM stabil.tpi berbeda pada saat mulai masuk gigi dn kita bawa jalan.posisi gigi msuk.dn kopling di tutup.dan hendel gas di tutup. Langsam tidak langsung turun..jdi alhasil seperti gas nahan.tpi klo kita nertalkan/kosong kn gigi.langsam turun normal...dn segala saran udh saya lakukn.yaitu sampai sya bawa ke bengkel resmi AHHAS. Sampai 3 tmpt AHHAS pun.motor tetp seprti itu..alhasil hanya buang2 duit...dn sya ingin bertanya.kira2 apa penyebab mtr sya begitu yah? Mohon saran nya....trmksh

    BalasHapus
  19. Nanya master spda vario 110 karbu susah lamsam,,dari apa.nya ya,,udh di skur

    BalasHapus
  20. Nanya master spda vario 110 karbu susah lamsam,,dari apa.nya ya,,udh di skur

    BalasHapus
  21. Nanya master spda vario 110 karbu susah lamsam,,dari apa.nya ya,,udh di skur

    BalasHapus
  22. Sebenarnya masalah motor anda sudah tercakup dalam artikel diatas. Anda tinggal mempelarinya dengan seksama.

    BalasHapus
  23. motor astrea legenda habis kehujanan suka mogok

    BalasHapus
  24. Saya mau tanya apabila di rpm bawah terasa kayak kesendat dan rpm atas atas mau tmbah gas tersendat dan keadaan stationer kadang besar dan kadang normal di sebab apa ya ?

    BalasHapus
  25. Saya mau bertanya apbila di rpm bawah tersendat dan rpm atas ketika mau bukak gas tersendat kembali dan stasioner kadang besar dan kadang normal. Kira " Apanya ya mas?

    BalasHapus
  26. Misi para suhu mau nanya saya punya motor Nouvo z dengan seher 54 harian awal motor tidak ada kendala sama sekali namun akhir"ini motor sulit langsam ketika pagi hari padahal saya sudah mengakali pakai busi double iridium mohon pendapatnya para suhu

    BalasHapus
  27. saya mau bertanya saya punya Mio soul tahun 2008 ketika dihidupinya mesin susah hidup dan ketika hidup mesin tiba tiba rpm nya naik dan turun tolong solusinya gan!

    BalasHapus
  28. F1ZR saya pas pagi/pertama dihidupin langsam naik sendiri bbrp saat, abs tu normal.
    tp kl mesin dah panas, dihidupin langsam normal.
    mohon solusinya...

    BalasHapus
  29. Mau tanya kl motor posisi coke terbuka tdk bisa stasioner minta rpm tinggi.kl rpm rendah motor langsung mati.tp kl coke ditutup motor mesin bisa stasioner normal.yg hrs diperbesar mainjetnya atau pilot jetnya?

    BalasHapus
  30. Slmt mlm senior,maaf mau tanya" nih,.. ada motor vega punya teman saya,mesinnya kalau di gas rpmnya lambat turun dan sblm turun rmpnya naik tdk kyk saat mesin stasioner,.. sudah saya priksa kop nya,trnya klep minyak bocor,lanjut di skir klepnya,busi sdh di ganti baru,..tapi mesinnya msi tidak mau stasioner saat gas di lepas..

    BalasHapus
  31. Slmt mlm senior,maaf mau tanya" nih,.. ada motor vega punya teman saya,mesinnya kalau di gas rpmnya lambat turun dan sblm turun rmpnya naik tdk kyk saat mesin stasioner,.. sudah saya priksa kop nya,trnya klep minyak bocor,lanjut di skir klepnya,busi sdh di ganti baru,..tapi mesinnya msi tidak mau stasioner saat gas di lepas..

    BalasHapus
  32. Slmt mlm senior,maaf mau tanya" nih,.. ada motor vega punya teman saya,mesinnya kalau di gas rpmnya lambat turun dan sblm turun rmpnya naik tdk kyk saat mesin stasioner,.. sudah saya priksa kop nya,trnya klep minyak bocor,lanjut di skir klepnya,busi sdh di ganti baru,..tapi mesinnya msi tidak mau stasioner saat gas di lepas..

    BalasHapus
  33. Slmt mlm senior,maaf mau tanya" nih,.. ada motor vega punya teman saya,mesinnya kalau di gas rpmnya lambat turun dan sblm turun rmpnya naik tdk kyk saat mesin stasioner,.. sudah saya priksa kop nya,trnya klep minyak bocor,lanjut di skir klepnya,busi sdh di ganti baru,..tapi mesinnya msi tidak mau stasioner saat gas di lepas..

    BalasHapus
  34. Sy pakai virago 535, ketika panas mesin tidak mau langsam kecuali setelan stasioner dibuat tinggi. Tetapi ketika mesin dingin stasioner normal.
    Kedua, mesin terlalu cepat panas, putaran menengah brebet sehingga tidak pernah mencapai putaran tinggi.
    Busi baru sesuai spek, begitu juga coil.
    Jarum skep tidak bisa di taruh di posisi tengah, jika ditengah busi, langsung hitam carbon hanya dalam beberapa menit. Jarum skep hanya bisa di tempatkan diposisi paling irit agar busi berwarna coklat normal.
    Karet intake juga baru di ganti. Karena yg lama memang sudah bocor.
    Kira2 yg harus sy lakukan apa, agar motir dapat normal kembali.
    Terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan kasusnya seperti itu apa sudah ketemu ?

      Hapus
  35. Saya mau tanya ,saya punya motor satria Fu karbu THN 2014 karburatornya udah saya ganti PE 28 ,tapi masalahnya kalok motor mau di panasin GK mau stasioner kadang naik kadang turun, mohon untuk dijawab 🙏🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throttle Position Sensor (TPS) Yamaha Jupiter MX 135

Dua Cara Melacak Top Kompression