Throttle Position Sensor (TPS) Yamaha Jupiter MX 135


Throttle Position Sensor (TPS) Yamaha Jupiter MX 135
TPS berfungsi memantau posisi throttle (bukaan gas) dan diteruskan pada sistem pengapian (ignition timing) dengan sistem elektronik. Dengan demikian waktu pembakaran dapat berlangsung dengan tepat dan sempurna dengan putaran mesin dan pasokan bahan bakar.
Keuntungan TPS pada sepeda motor  adalah akselerasi lebih spontan pemakain bahan bakar lebih hemat, dan kadar emisi gas buang lebih rendah.

1. Pemeriksaan TPS tahap I
i. Lepaskan kabel coupler dari TPS.
ii. pasangkan pocket tester (1 K ohm) pada TPS
 

Kabel positif pocket tester ke terminal coupler biru (L).
Kabel negatif pocket tester ke terminal kabel biru/hitam (B/L).

iii. Ukur tahanan TPS.

Tahanan TPS
3.5 – 6.5 k ohm pada suhu 20o C (68o F) (biru-hitam/biru)
Diluar spesifikasi > Ganti TPS

2. Pemeriksaan TPS tahap II
i. Pasangkan coupler kabel pada TPS.
ii. Pasangkan pocket tester (ohm x 1 k) pada kabel TPS

Kabel positif pocket ke terminal coupler kuning (Y).
Kabel negatif pocket ke terminal kabel hitam/biru (B/L).

iii. Secara perlahan buka handle gas dan periksa perubahan tahanan TPS (sesuai dengan batasan spesifikasi).
iv. Jika tahanan tidak berubah atau berubah secara kasar > ganti TPS.

CATATAN
Perubahan tahanan terjadi pada saat handle gas dibuka secara perlahan (baca perubahan tahanan dari saat handle gas ditutup hingga handle gas terbuka penuh).

Tahanan TPS
0-5 k ohm (kurang lebih 1.5) pada suhu 20 derajat Celcius (kuning-hitam/biru).

3. Menyetel sudut posisi Throttle Position Sensor

CATATAN
Sebelum menyetel sudut posisi Throttle Position Sensor, setel lebih dulu putaran langsam mesin sesuai spesifikasi.

i. Pasangkan coupler kabel pada TPS.
ii. Pasangkan pocket tester digital pada kabel TPS.

Kabel positif tester ke terminal kuning.
Kabel negatif tester ke terminal hitam/biru (B/L).

Pocket tester digital/digital circuit tester 90890-03174.

iii. Putar kunci kontak pada posisi "ON".
iv. Periksa voltase TPS.
v. Setel posisi sudut TPS dengan cara mengukur voltase (harus dalam batasan voltase di bawah ini).

Voltase Throttle Position sensor.
0,63-0,73 Volt (kuning-hitam/biru).

vi. Setelah mengetahui sudut posisi sensor yang tepat, dengan melihat besarnya voltase, kecangkan baut pengikat TPS dengan benar.

CATATAN
Jika pemasangan sudut TPS tidak tepat, hal ini akan mengakibatkan akselerasi tersendat, bahan bakar boros, dan kadar emisinya yang tinggi.

Komentar

  1. apa efek dari pengaturan sudut TPS yang salah? apa ada cara selain yang diatas?

    BalasHapus
  2. mengapa saat handel Gas di turunkan lampu indikator panas berkedip 5 kali
    saat handel gas di angkat/di putar, lampunya mati
    Tolong penjelasannya apakah Sensor TPS saya sudah Rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setel plat plastik yg di dalam tutup skep karbu nya om.

      Hapus
    2. Tps eror. Ganti

      Hapus
  3. Njmx sya lampu indikator nya menyala teruss gan itu apanya ya..mohon penjelasan gan

    BalasHapus
  4. Sedikit pemberitahuan .. jika lampu indikator bekedip 1x panjang 5x pendek itu kenadala dari soket TPS posisinya kurang pas atw kemungkinan jga rusak .. saya jga begitu tdinya setelah service karbu pas si pasang lagi berkedip 1x panjang 5x pendek ..setelah di cek memang pasangnya soket nya kurang pas .. memang sebelom nya tps sensor nya normal ..

    BalasHapus
  5. Bagaimana kalau ganti karbu racing . Otomatis tps nggak kepasang . Apakah bahaya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bahaya. Tp pengapian eror

      Hapus
  6. Motor saya jika sensor tps nya dilepas normal, kalau di pasang brebet jalannya itu kenapa ya?
    Saya cek menggunakan avo meter tegangan sensor tps 0.72 apa sensor tps saya rusak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pinjem tps tetangga yg normal pasang jika masi brebet brati karbu nya perlu servis seting. dan jika tps tetangga bikin motor lu sembuh batuknya brati sensor lu kena tbc ganti tps yg baru aja

      Hapus
  7. Apakah aman jika lampu itu di biarkan menyala/tps tidak di ganti atau di perbaiki

    BalasHapus
  8. Apakah ada pengaruh terhadap kipas radiator jika sensor tps tersebut error atau rusak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak lah itu ngruhnya ke mesin jadi gak optimal biasanya sering ganti busi karena pembakaran gak sempurna

      Hapus
  9. Kalo kuningan di tps di copot gmana ?

    BalasHapus
  10. Motor jupiter mx saya klw udh jln 15km kurang lebih lampu indikator nya menyala.padahal air radiator penuh.udah d bawa ke deler masih tetep aja.mohon pencerahan nya...

    BalasHapus
  11. Kalu Saya lepas Tidak pakai sensor tps gas apa Ada pengarur sebab akibat? Info penjelasan nya gan

    BalasHapus
  12. Om emang batasan poltase TPS nya berapa mentok nya

    BalasHapus
  13. Kalo batasan poltase TPS nya 0,73 itu batasan massimal na om tolong kasih tau om

    BalasHapus
  14. Punya saya saya cek voltasenya 5.70 pada gas tertutup

    BalasHapus
  15. Om kenapa pada Jupiter MX sering brebet apalagi jikas ngegasnya langsung di hentak motor seketika mati lalu di star hidup lagi ,kadang juga hidup tapi di gas mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek kabel masa ke koil pastikan tersambung sempurna tidak kendur/karatan lalu cek kop busi ke kabel koil
      1 lepas cop busi
      2 bersihkan pasang kembali kencangkan
      3 ganti busi yang sesuai misal NGK cpr8ea9
      dah itu aja dulu smoga membantu

      Hapus
  16. Om kalau lampu indikator yg merah mati total apanya di Jupiter MX karburator 2010 ,apa ada kabel yg putus atau gimana

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dua Cara Melacak Top Kompression

Motor Tidak Langsam dan Lambat Langsam, Denotasi