Throttle Position Sensor (TPS) Yamaha Jupiter MX 135
Throttle Position Sensor (TPS) Yamaha Jupiter MX 135
TPS berfungsi memantau posisi throttle (bukaan gas) dan diteruskan pada sistem pengapian (ignition timing) dengan sistem elektronik. Dengan demikian waktu pembakaran dapat berlangsung dengan tepat dan sempurna dengan putaran mesin dan pasokan bahan bakar.
Keuntungan TPS pada sepeda motor adalah akselerasi lebih spontan pemakain bahan bakar lebih hemat, dan kadar emisi gas buang lebih rendah.
1. Pemeriksaan TPS tahap I
i. Lepaskan kabel coupler dari TPS.
ii. pasangkan pocket tester (1 K ohm) pada TPS
Kabel positif pocket tester ke terminal coupler biru (L).
Kabel negatif pocket tester ke terminal kabel biru/hitam (B/L).
iii. Ukur tahanan TPS.
Tahanan TPS
3.5 – 6.5 k ohm pada suhu 20o C (68o F) (biru-hitam/biru)
Diluar spesifikasi > Ganti TPS
2. Pemeriksaan TPS tahap II
i. Pasangkan coupler kabel pada TPS.
ii. Pasangkan pocket tester (ohm x 1 k) pada kabel TPS
Kabel positif pocket ke terminal coupler kuning (Y).
Kabel negatif pocket ke terminal kabel hitam/biru (B/L).
iii. Secara perlahan buka handle gas dan periksa perubahan tahanan TPS (sesuai dengan batasan spesifikasi).
iv. Jika tahanan tidak berubah atau berubah secara kasar > ganti TPS.
CATATAN
Perubahan tahanan terjadi pada saat handle gas dibuka secara perlahan (baca perubahan tahanan dari saat handle gas ditutup hingga handle gas terbuka penuh).
Tahanan TPS
0-5 k ohm (kurang lebih 1.5) pada suhu 20 derajat Celcius (kuning-hitam/biru).
3. Menyetel sudut posisi Throttle Position Sensor
CATATAN
Sebelum menyetel sudut posisi Throttle Position Sensor, setel lebih dulu putaran langsam mesin sesuai spesifikasi.
i. Pasangkan coupler kabel pada TPS.
ii. Pasangkan pocket tester digital pada kabel TPS.
Kabel positif tester ke terminal kuning.
Kabel negatif tester ke terminal hitam/biru (B/L).
Pocket tester digital/digital circuit tester 90890-03174.
iii. Putar kunci kontak pada posisi "ON".
iv. Periksa voltase TPS.
v. Setel posisi sudut TPS dengan cara mengukur voltase (harus dalam batasan voltase di bawah ini).
Voltase Throttle Position sensor.
0,63-0,73 Volt (kuning-hitam/biru).
vi. Setelah mengetahui sudut posisi sensor yang tepat, dengan melihat besarnya voltase, kecangkan baut pengikat TPS dengan benar.
CATATAN
Jika pemasangan sudut TPS tidak tepat, hal ini akan mengakibatkan akselerasi tersendat, bahan bakar boros, dan kadar emisinya yang tinggi.
TPS berfungsi memantau posisi throttle (bukaan gas) dan diteruskan pada sistem pengapian (ignition timing) dengan sistem elektronik. Dengan demikian waktu pembakaran dapat berlangsung dengan tepat dan sempurna dengan putaran mesin dan pasokan bahan bakar.
Keuntungan TPS pada sepeda motor adalah akselerasi lebih spontan pemakain bahan bakar lebih hemat, dan kadar emisi gas buang lebih rendah.
1. Pemeriksaan TPS tahap I
i. Lepaskan kabel coupler dari TPS.
ii. pasangkan pocket tester (1 K ohm) pada TPS
Kabel positif pocket tester ke terminal coupler biru (L).
Kabel negatif pocket tester ke terminal kabel biru/hitam (B/L).
iii. Ukur tahanan TPS.
Tahanan TPS
3.5 – 6.5 k ohm pada suhu 20o C (68o F) (biru-hitam/biru)
Diluar spesifikasi > Ganti TPS
2. Pemeriksaan TPS tahap II
i. Pasangkan coupler kabel pada TPS.
ii. Pasangkan pocket tester (ohm x 1 k) pada kabel TPS
Kabel positif pocket ke terminal coupler kuning (Y).
Kabel negatif pocket ke terminal kabel hitam/biru (B/L).
iii. Secara perlahan buka handle gas dan periksa perubahan tahanan TPS (sesuai dengan batasan spesifikasi).
iv. Jika tahanan tidak berubah atau berubah secara kasar > ganti TPS.
CATATAN
Perubahan tahanan terjadi pada saat handle gas dibuka secara perlahan (baca perubahan tahanan dari saat handle gas ditutup hingga handle gas terbuka penuh).
Tahanan TPS
0-5 k ohm (kurang lebih 1.5) pada suhu 20 derajat Celcius (kuning-hitam/biru).
3. Menyetel sudut posisi Throttle Position Sensor
CATATAN
Sebelum menyetel sudut posisi Throttle Position Sensor, setel lebih dulu putaran langsam mesin sesuai spesifikasi.
i. Pasangkan coupler kabel pada TPS.
ii. Pasangkan pocket tester digital pada kabel TPS.
Kabel positif tester ke terminal kuning.
Kabel negatif tester ke terminal hitam/biru (B/L).
Pocket tester digital/digital circuit tester 90890-03174.
iii. Putar kunci kontak pada posisi "ON".
iv. Periksa voltase TPS.
v. Setel posisi sudut TPS dengan cara mengukur voltase (harus dalam batasan voltase di bawah ini).
Voltase Throttle Position sensor.
0,63-0,73 Volt (kuning-hitam/biru).
vi. Setelah mengetahui sudut posisi sensor yang tepat, dengan melihat besarnya voltase, kecangkan baut pengikat TPS dengan benar.
CATATAN
Jika pemasangan sudut TPS tidak tepat, hal ini akan mengakibatkan akselerasi tersendat, bahan bakar boros, dan kadar emisinya yang tinggi.
apa efek dari pengaturan sudut TPS yang salah? apa ada cara selain yang diatas?
BalasHapusterimakasih ilmu nya
BalasHapusmengapa saat handel Gas di turunkan lampu indikator panas berkedip 5 kali
BalasHapussaat handel gas di angkat/di putar, lampunya mati
Tolong penjelasannya apakah Sensor TPS saya sudah Rusak
Setel plat plastik yg di dalam tutup skep karbu nya om.
HapusTps eror. Ganti
Hapusterimakasih penjelasannya..
BalasHapusNjmx sya lampu indikator nya menyala teruss gan itu apanya ya..mohon penjelasan gan
BalasHapusSedikit pemberitahuan .. jika lampu indikator bekedip 1x panjang 5x pendek itu kenadala dari soket TPS posisinya kurang pas atw kemungkinan jga rusak .. saya jga begitu tdinya setelah service karbu pas si pasang lagi berkedip 1x panjang 5x pendek ..setelah di cek memang pasangnya soket nya kurang pas .. memang sebelom nya tps sensor nya normal ..
BalasHapusBagaimana kalau ganti karbu racing . Otomatis tps nggak kepasang . Apakah bahaya??
BalasHapusTidak bahaya. Tp pengapian eror
HapusMotor saya jika sensor tps nya dilepas normal, kalau di pasang brebet jalannya itu kenapa ya?
BalasHapusSaya cek menggunakan avo meter tegangan sensor tps 0.72 apa sensor tps saya rusak?
Nyimak om gejala sama
Hapuspinjem tps tetangga yg normal pasang jika masi brebet brati karbu nya perlu servis seting. dan jika tps tetangga bikin motor lu sembuh batuknya brati sensor lu kena tbc ganti tps yg baru aja
HapusApakah aman jika lampu itu di biarkan menyala/tps tidak di ganti atau di perbaiki
BalasHapusApakah ada pengaruh terhadap kipas radiator jika sensor tps tersebut error atau rusak??
BalasHapusgak lah itu ngruhnya ke mesin jadi gak optimal biasanya sering ganti busi karena pembakaran gak sempurna
HapusKalo kuningan di tps di copot gmana ?
BalasHapusPelapak nya gamau nongol
BalasHapusMotor jupiter mx saya klw udh jln 15km kurang lebih lampu indikator nya menyala.padahal air radiator penuh.udah d bawa ke deler masih tetep aja.mohon pencerahan nya...
BalasHapusSama om punya saya juga
HapusKalu Saya lepas Tidak pakai sensor tps gas apa Ada pengarur sebab akibat? Info penjelasan nya gan
BalasHapusOm emang batasan poltase TPS nya berapa mentok nya
BalasHapusKalo batasan poltase TPS nya 0,73 itu batasan massimal na om tolong kasih tau om
BalasHapusPunya saya saya cek voltasenya 5.70 pada gas tertutup
BalasHapusOm kenapa pada Jupiter MX sering brebet apalagi jikas ngegasnya langsung di hentak motor seketika mati lalu di star hidup lagi ,kadang juga hidup tapi di gas mati
BalasHapuscek kabel masa ke koil pastikan tersambung sempurna tidak kendur/karatan lalu cek kop busi ke kabel koil
Hapus1 lepas cop busi
2 bersihkan pasang kembali kencangkan
3 ganti busi yang sesuai misal NGK cpr8ea9
dah itu aja dulu smoga membantu
Om kalau lampu indikator yg merah mati total apanya di Jupiter MX karburator 2010 ,apa ada kabel yg putus atau gimana
BalasHapus