Motor Brebet Atau Kempos


Motor Anda pernah mengalami ngeberebet atau kempos saat gas diplintir? Jangan khawatir itu penyebabnya karena kualitas bahan bakar minyak (BBM) yang kurang bagus.

Lalu jika seperti itu apa yang harus dilakukan?

langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengganti busi ke yang lebih dingin karena busi yang lebih dingin lebih tahan.atau ke angka yang lebih tinggi misalnya busi NGK 7 diganti angkanya 8 atau 9.

Setelah itu bisa juga dilakukan dengan membersihkan injektor tapi ini dilakukan jika jarak tempuh atau KM motor Anda sudah lebih dari 1.000, Kalau KM-nya masih sedikit belum perlu dilakukan. Tapi kalau busi itu wajib karena busi berkerak itu yang menyebabkan motor ngeberebet atau tiba-tiba sering mati.

Cara selanjutnya yakni bisa juga setelah diganti diakalin dengan mengisi BBM yang memiliki kandungan oktan tinggi. Seperti Diisi Pertamax beberapa kali sampai ruang bakarnya bersih sendiri juga bisa setelah itu terus campur atau dikombinasikan antara pemakaian pertamax dan premium.

Sepeda motor dengan sistem bahan bakar Injeksi lebih sulit atau rumit sih? jawabnya TIDAK.
Karena sepeda motor dengan sistem bahan bakar injeksi membutuhkan perawatan yang lebih sederhana dibanding sistem bahan bakar karburator, ingat sepeda motor Injeksi yang berbeda cuma SISTEM BAHAN BAKAR, sistem yang lain masih sama, kalau ban kempes ya dipompa, mau belok ya pencet saklar sein untuk aba-aba kemudian kendalikan setang/sepedamotor, mau berhenti ya tekan/injak rem, konstruksi mesin pun masih sama, perlu setel klep dll, sesuai jadwal perawatan bener ga?? ...

Sistem bahan bakar injeksi juga sudah berkembang sedemikian jauh, dari mulai injeksi manual, sama seperti kaburator namun menggunakan bahan bakar yang bertekanan, sampai dengan injeksi manual yang beralih ke injeksi yang dikontrol oleh perangkat elektronik.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throttle Position Sensor (TPS) Yamaha Jupiter MX 135

Dua Cara Melacak Top Kompression

Motor Tidak Langsam dan Lambat Langsam, Denotasi