Tips Agar Kampas Rem Awet

 

Rem merupakan piranti wajib untuk sebuah kendaraan, Karena berfungsi untuk membantu menghentikan laju kendaraan. Selain itu bagi kebanyakan modiflover sektor rem juga tak luput dari jarahan modifikasi karena akan menambah nilai seni modifikasi. Tapi ada hal yang patut untuk diperhatikan ketika memodifikasi piranti rem.

Khususnya bagi modiflover yang menggunakan motor modifikasi sebagai kendaraan harian, karena penggantian piranti rem juga akan berpengaruh terhadap kepakeman dan keawetan kampas rem. Terutama penggantian piringan cakram yang bergrafir rapat. Berikut mimin berikan tips agar rem tetap pakem dan kampas rem tetap awet walau menggunakan part variasi.
 
Pertama, periksa keadaan tromol, utamanya bagian penampang dudukan cakram, baik untuk teromol baru maupun teromol bekas. Jika otolover menggunakan teromol bekas pastikan penampang ckram dalam keadaan bersih bebas dari kerak, jika agan-sista menggunakan tromol baru dari variasi pastikan permukaan dudukan cakram rata, hal ini bertujuan agar piringan cakram berputar secara simetris sehingga beban kampas rem tidak terlalu berat.
 
Kedua, rajin bersihkan kaliper dan pin fleksiblenya, agar tekanan yang diberikan kampas rem baik luar ataupun dalam sama rata, pastikan juga jarak bebas antara piringan cakram dan kampas rem sudah sempurna, indikasi sempurna jika roda diputar piringan cakram tidak akan menyentuh kampas rem.
 
Ketiga, pastikan selalu bearing roda terlumasi dengan baik dan lakukan pelumasan secara berkala, hal ini untuk menghindari terjadinya speling pada bearing, dan akibatnya bisa membuat piringan cakram bersinggungan dengan kampas rem.
Keempat, perhatikan cara berkendara agan-sista, usahakan jarak dengan pengendara depan tidak terlalu dekat, hal ini untuk mengurangi seringnya menekan rem, dan jika hal ini sering terjadi maka kampas rem akan cepat terbakar.

Dikutip dari otolover.

 




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throttle Position Sensor (TPS) Yamaha Jupiter MX 135

Dua Cara Melacak Top Kompression

Motor Tidak Langsam dan Lambat Langsam, Denotasi