Tips Hemat BBM


Bagi bro and sis, tips ini dapat bermanfaat untuk hemat BBM. Apalagi ditengah-tengah kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu. Ada banyak cara yang bisa brosis lakukan untuk melakukan penghematan terhadap konsumsi BBM. Tips-nya sederhana dan dijamin bisa dilakukan oleh brosis. Yuk, simak tips hemat BBM ini.

#1 Memanaskan Mesin Kendaraan
Tips pertama adalah memanaskan mesin motor kita. Gunanya untuk memperlancar proses kerja mesin supaya optimal, kebanyakan sekarang ini dalam pemakaian sepeda motor dengan cara menyalakan motor dan langsung jalan, seperti ini banyak menimbulkan pengeluaran bahan bakar yang otomatis terpaksa keluar berlebihan dan mengakibatkan kebanyakan mesin motor tersebut tidak bertahan lama atau rusak.

#2 Hindari Mengendarai Secara Agresif dan “Lebay”
Pemakaian bahan bakar sepeda motor yang kita gunakan kalau di gunakan secara berlebihan juga tidak baik. Kita menggunakan sepeda motor secara agresif yang artinya memaksakan pemakaian sepeda motor dengan pemaksaan mesin akan merugikan diri kita sendiri dan mesin motor secara langsung, pemakaian bahan bakar akan sangat terlalu boros. Bawanya kalem aja bro!

#3 Kendarai dengan Halus
Kita mengedarai kendaraan dengan halus bertujuan juga untuk menghemat bahan bakar dan menjaga kondisi mesin kita, yang artinya sewajarnya saja kita berkendara dengan normal untuk menghindari adanya pengeluaran bahan bakar yang berlebihan.

#4 Jangan “Main” Gas saat di lampu merah
Disaat kita berhenti di lampu merah sebaiknya kita tidak memainkan gas, untuk menghindari keluarnya bahan bakar yang tidak di perlukan. Hindari menaik-turunkan gas pada saat motor berhenti di lampu merah karena membuat bensin keluar dan tak terpakai.

#5 Gunakan Motor Seperlunya
Nah, ini yang penting. Meskipun kita punya motor di rumah sampai 2 unit. Alangkah baiknya kita gunakan motor untuk keperluan penting saja. Coba hindari penggunaan motor yang tidak terlalu penting. Misalnya dipergunakan untuk mengangkut barang yang berlebihan.

 #6 Oprek Mesin Motor Sewajarnya
Jangan pernah mengganti atau merubah mesin untuk mencari kecepatan, apalagi jika itu bisa membuat motor boros bahan bakar. Jika penggunaan motor kita masih di area perkotaan yang terkenal dengan macet. Maka coba setting motor dengan standar. Sehingga tidak menimbulkan boros BBM. Ingat brosis, mesin standar membantu kita untuk menghemat bahan bakar.

#7 Service Motor dengan Rutin
Kita juga harus memperhatikan keadaan mesin motor kita dengan baik untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan seperti mogok dijalan dan rusak mesin, borosnya kendaraan tergantung dari mekanisme mesin yang akan dipacu. Semakin kita tidak memperhatikan mesin kita akan semakin boros sepeda motor karena tidak dengan batas normal berjalannya mesin dengan baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throttle Position Sensor (TPS) Yamaha Jupiter MX 135

Dua Cara Melacak Top Kompression

Motor Tidak Langsam dan Lambat Langsam, Denotasi