Tips Merawat knalpot dari Karat

 

Knalpot adalah bagian dari motor yang cukup berpengaruh untuk performa motor autofresh mania. knalpot standar atau knalpot 4-tak yang model harian dan aftermarket sama saja. Apalagi yang racing harian dari pelat yang abal-abal, mudah ‘berkarat’ penampilan luarnya. Hal ini selain perbedaan suhu dalam dan luar, juga khasnya metal yang penyakitnya adalah korosi alias karat. Lebih-lebih sering kena air hujan dan genangan, wah makin cepat kelihatan karatnya terutama pada lehernya.
 

Untuk sampai bolong-bolong dimakan karat memang butuh waktu lama. Kira-kira saat motor sudah dijual dan pembeli berikutnya yang kena bolongnya. Tetapi penampilan luar terutama dari leher kenalpot sebenarnya bisa dicegah tetap dengan warna aslinya. Caranya mudah, hanya butuh oli bekas.
 

Oli memang sudah dikenal bisa mengawetkan pelat kenalpot 4-tak secara keseluruhan. Caranya, itu mulut kenalpot diisi oli secukupnya agar pelat kenalpot tidak terlalu kering oleh panas. Hanya saja, ini harus dilakukan periodik misalnya tiga bulan sekali. Ya, kalau 3 tahun sekali nggak ada artinya, itu mah sama saja gak berarti.
 

Terus leher kenalpot bagian luar yang sudah keburu karatan penampilannya, juga obatnya hanya oli tadi. Caranya, melumuri oli pada bagian luar leher. Tidak perlu kenalpotnya dilepas, biarkan saja terpasang sedia kala.
Usai dilumuri oli, lantas disikat dengan sikat gigi boleh, Lebih bagus lagi pakai sikat kawat. Lalu hidupkan motor 15 menit, tambahkan lagi olinya dan sikat lagi. Yakin karat coklat ini akan rontok dan warna asli kenalpot kembali muncul. hal ini dilakukan sembari ada waktu. Ya, sebulan sekali bisa, asal jangan sama sekali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throttle Position Sensor (TPS) Yamaha Jupiter MX 135

Dua Cara Melacak Top Kompression

Motor Tidak Langsam dan Lambat Langsam, Denotasi