Tips Merawat Rantai Motor
Inilah Salah satu komponen sepeda motor yang kerap disepelekan pemotor adalah
rantai. Padahal rantai motor memiliki peranan yang sangat penting, jadi tidak
bisa diremehkan begitu saja. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang,
sering-seringlah lebih memperhatikan rantai dan gir set sepeda motor Anda.
Pada dasarnya, rantai bawaan pabrik sudah menggunakan teknologi O-ring yang
tidak lagi diberi pelumas tambahan. Karena rantai motor jenis ini telah
memiliki pelumas khusus di dalamnya. Namun demikian, dalam perjalanannya tetap
diperlukan perawatan dengan pelumas khusus rantai (chain lube) untuk
memperpanjang usia pakainya.
Dalam merawat rantai, tidak dianjurkan untuk memakai oli bekas atau bensin
untuk membersihkan, karena ini justru malah membuat umur pakai rantai menjadi
pendek. Melumasi rantai dengan oli bekas justru akan mengikat kotoran yang ada
diluar.
Sebab pada umumnya rantai tidak diberi penutup sehingga langsung berhubungan dengan luar, akibatnya kotoran mudah menempel. Terlebih oli bekas yang dipakai melumasi sudah terkontaminasi kotoran mesin.
Sebab pada umumnya rantai tidak diberi penutup sehingga langsung berhubungan dengan luar, akibatnya kotoran mudah menempel. Terlebih oli bekas yang dipakai melumasi sudah terkontaminasi kotoran mesin.
Idealnya rantai motor dilumasi cairan chain lube minimal 2 kali dalam seminggu
dan disarankan mengencangkan rantai sebulan sekali. Bagi pemakai motor sport,
disarankan menggunakan rantai berkualitas dengan spesifikasi ringan dan tidak
memerlukan perawatan yang ribet.
Bagi motor yang dimodifikasi, perlu penyesuaian antara ukuran gir dan rantai.
Jangan sampai motor modifikasi dengan putaran cepat menggunakan gir set
standar. Tak lupa perhatikan gir depan. Kebanyakan pemotor hanya memperhatikan
gir belakang. Bukalah tutup gir depan, sering-seringlah dilihat dan
dibersihkan.
Idealnya pergantian gir set dilakukan jika pemakaian sudah mencapai 40.000 km. Tidak masalah mengikuti trend menggunakan gir set warna-warni, karena itu hanya masalah selera tidak mempengaruhi cara perawatan dan performa.
Idealnya pergantian gir set dilakukan jika pemakaian sudah mencapai 40.000 km. Tidak masalah mengikuti trend menggunakan gir set warna-warni, karena itu hanya masalah selera tidak mempengaruhi cara perawatan dan performa.
Jika terpaksa melakukan pemotongan mata rantai, perhatikan juga usia pakainya.
Kalau masa pakai masih 3 bulan, tak masalah rantai dipotong. Biasanya mekanik
berpengalaman tahu berapa lama umur pakai rantai. Namun jika ragu dan lebih
safety, ada baiknya mengganti dengan yang baru. Tetapi untuk rantai motor
Kawasaki Ninja, tidak direkomendasikan rantai dipotong jika sudah kendor.
Terakhir, sangat dianjurkan untuk membeli gir set yang berkualitas demi
kenyamanan dan keamanan Anda ketika berkendara. Selalu rawatlah kendaraan anda
dengan secara berkala untuk keselamatan dan kenyamanan Anda saat berkendara
dimanapun.
Komentar
Posting Komentar