Efek Samping Melepas Boks Filter Udara

 

Efek Samping Melepas Boks Filter Udara

Memang melepas boks filter udara membuat tarikan menjadi enak, tetapi hanya putaran rendah. Pada putaran tinggi, udara yang masuk menjadi lebih banyak dibanding bensin. Akibatnya, motor menjadi ngempos (tarikan kurang) pada kecepatan tinggi. Efek samping lainnya adalah silinder menjadi cepat tergores karena kotoran lebih leluasa masuk kedalam ruang bakar.

Memperbaiki Karburator

a. Kerusakan karburator pada jarum skep dan nosel

1)  Jarum skep
Jarum skep atau jet needle cara kerjanya berpasangan dengan needle jet (nosel). Fungsinya mengatur campuran bensin dan udara yang masuk kedalam ruang bakar pada putaran ruang menengah atas. Kerusakan yang dapat terjadi pada jarum skep antara lain adalah bengkok, berselimut jelaga, dan baret. Jika jarumnya bengkok, hal ini mengakibatkan mesin susah langsam. Dengan demikian jarum skep harus diganti.
Atas jarum skep, tengah main jet, bawah nosel
2)  Nosel
Nosel atau needle jet yang aus biasanya melar diameternya atau sudah besar (longgar). Jika karburatornya bermerek Keihin, hal ini bisa diperbaiki sebab antara holder dan nosel terpisah. Cara memperbaikinya adalah dengan meletakkan sebutir biji bearing (gotri) diatas nosel bagian bawah lalu pukul dengan palu kecil.
Berbeda dari Mikuni, noselnya menyatu dengan main jet holder. Jika nosel oblak hal ini akan menyebabkan semburan bensin tidak konstan dan rpm lambat naiknya. Untuk mengatasi hal ini pada karburator Mikuni, ganti nosel dan jarum skep.


CATATAN
Paling aman adalah apabila terjadi kerusakan jarum skep dan nosel, ganti dengan yang baru.

b. Kerusakan karburator pada skep dan moncong

1)  Skep macet
Jika skep macet dibadan karburator, akibatnya adalah putaran mesin mblandang karena gas tidak menutup rapat (skep tidak menutup rapat). Kendurkan sedikit mur di intake manifold sehingga rumah skep bisa turun dan menutup rapat atau gosok rumah skep dengan amplas halus agar bisa turun naik secara lancar.

2)  Skep oblak
Kebalikan dengan kasus diatas, gesekan terus menerus antara skep dan rumah skep membuat permukaan kedua komponen itu  terkikis sehingga langsam menjadi tidak stabil. Gantilah dengan skep yang baru.

3)  Moncong Karburator ke Intake Manifold tidak rata
Jika moncong karburator tidak rata atau melengkung, hal ini menyebabkan motor tidak langsam. Selain itu mesin jadi susah dihidupkan serta kadang-kadang nembak-nembak bila terjadi kebocoran. Gunakan kikir datar atau ampelas untuk meratakan sisi yang tidak lurus, lantas tambah packing manifold.

c. Keluarnya asap hitam dan cokelat sering disebabkan oleh karburator

1)  Asap hitam dari knalpot:
  • Main jet terlalu besar 
  • Saringan udara tersumbat 
  • Choke tertutup 
  • Tinggi pelampung melebihi standar.
2)  Asap cokelat dari knalpot:
  • Main jet terlalu kecil atau tersumbat kerak 
  • Permukaan bahan bakar dalam mangkok karburator terlalu rendah 
  • Pipa saringan kendur 
  • Saringan udara tidak rapat atau dilepas.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throttle Position Sensor (TPS) Yamaha Jupiter MX 135

Dua Cara Melacak Top Kompression

Motor Tidak Langsam dan Lambat Langsam, Denotasi