Menyetel Speling Throttle Gas

 

Menyetel Speling Throttle Gas

Speling atau jarak bebas putaran gas perlu di stel ulang. Tujuannya adalah agar akselerasi tidak terlambat. Dalam arti begitu gas di plintir, skep karburator langsung terangkat. Untuk itu pabrikan memiliki standar. Mengatur ulang putaran grip gas juga berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya respons putaran mesin. Jika setelan gas terlalu sempit, hal ini menjadi beresiko. Misalnya, grip gas baru diputar sedikit (1 mm ) motor sudah bergerak. Atau jika setelannya melebihi standar yang direkomendasikan putaran mesin terlambat. Hal ini sangat berpengaruh jika sedang berada ditikungan.

Ceklah hal ini setiap 500 km dengan menggerakkan grip gas dahulu lalu ukur jarak bebasnya. Beri tanda dengan spidol dipinggir grip gas. Jarak main yang direkomendasi semua pabrikan adalah 3-7 mm. Sandainya kurang dari standar itu tinggal di setel ulang. Lihat dua mur yang akan diset ulang sebagian besar 2 mur penyetel gas motor ada dibawah hand grip. Misalnya motor bebek Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki, dll. Ada juga motor yang memiliki setelan dikabel dekat kepala karburator. Rata-rata setelan ini di bungkus karet pelindung debu. Kendurkan mur pengencang dan putar mur penyetel. Jika anda memutarnya searah jarum jam, berarti semakin sempit jarak main di putar berlawanan semakin lebar. Setelah diatur ulang kemudian cek gerak stang ke kanan-kiri sampai mentok. Jarak main harus sama meski stang digerakan ke kanan dan kiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throttle Position Sensor (TPS) Yamaha Jupiter MX 135

Dua Cara Melacak Top Kompression

Motor Tidak Langsam dan Lambat Langsam, Denotasi