Motor Tidak Langsam, Karburator Penyebabnya
Motor Tidak Langsam, Karburator Penyebabnya
Lepas klem penghubung
karburator dari saluran intake menggunakan kunci ring atau pas.
a. Lepas
sekrup pilot jet dan main jet (terlebih dahulu buka karburator termasuk
karet seal karburator), lalu bersihkan semua komponennya termasuk lubang
spuyer.
b. Setelah semua terangakai, lalu rakit kembali
karburator dan nyalakan mesin. Putar sekrup stasioner hingga putaran mesin
menjadi idle (kira-kira 1000 rpm) lalu atur putaran angin, mulai ditutup lalu
buka (searah jarum jam) hingga putaran mesin paling tinggi kemudian setel
kembali putaran stasionernya.
- Motor dikendarai namun harus di choke
Ini
adalah pertanda bahwa motor punya masalah diseputar aliran bensin dari tangki kekarburator
yang berakhir dibak karburator lewat pelampung. Oleh sebab itu aliran bensin
menjadi minim (sedikit) dan sulit disuplai kedalam ruang bakar. Bensin baru
akan mengalir jika dipancing dengan choke. Untuk mengatasi hal ini tangki
bensin berikut saringannya harus di kuras lakukan pengecekan atau pengukuran
tinggi pelampung.
CATATAN
Amati
juga apakah terjadi vapour lock, yaitu adanya uap air dalam saluran selang
bensin. Untuk itu selang bensin harus di semprot dengan kompresor.
- Posisi Klip jarum skep
Jika
posisi klip jarum skep dipindah lebih rendah ini berarati piston skep lebih
cepat terangkat dan jarum skep lebih awal membuka lubang main jet. Namun
apabila klip dipindah kebagian bawah campuran bensin dan udara menjadi tidak
teratur (ngaco). Dan apabila jarum skep terlambat terangakat dan lubang main jet
lebih cepat membuka hal ini mengakibatkan bensin lebih cepat masuk kedalam
manifold atau campuran menjadi kaya bensin. Sedangkan jika udara terlambat
masuk pasti tarikan awal menjadi tersendat pada saat gas diplintir mesin tidak
langsung merespon atau ngacir.
Sebaliknya
menaikan posisi jarum skep juga berakibat tidak bagus. Piston lebih cepat
membuka dan lubang main jet terlambat membuka karena jarum skep juga lebih
lambat terangkat. Pada saat tarikan awal udara lebih dulu masuk namun bensin malah terlambat masuk. Akibatnya
tarikan awal menjadi berat atau loyo.
CATATAN
Memindahkan
posisi jarum skep dianjurkan hanya untuk mesin yang sudah dikorek atau sudah
memakai knalpot free flow (motor racing).
Mantap hasilnya. Makasih artikelnya
BalasHapusMet malem om...saya mau tanya
BalasHapusMotor hanya mau hidup jika chooke di tarik,dan mau langsam jika di lepas motor seperti kebanyakan bensin brebet...itu apanya ya?
Permisi; mau tanya nich..?!!
BalasHapusMotorku new megapro.,
Saat habis di pake jalan, lalu berhenti karena ada lampu merah, ketika lampu hijau dan akan dibuat jalan kembali tiba² motor mati, dan utk hidupin minta choke hingga beberapa saat, setelah di choke beberapa saat motor normal kembali.
Kira² apanya..?
Terima kasih...
BalasHapusBang motor ane jupiterz klo choke di tutup gk mau hidup tapi klo choke di tarik motor ane hidup..pengaruh gk bang klo choke ane biarin terbuka terus..tolong di jawab bang..
BalasHapusSya mau tanya knpa motor sya sering mti tpi klo choke'a trun malah hidup
BalasHapusbang motor ane GL klo udh nyala trus jalan..pas berhnti pasti mati..di stater lagi susahnyala..saranya😑
BalasHapusMotor f1zr ketika dingin susah dinyalakan , dan untuk menyalakannya harus di tutup karburatornya sampai naik bensinnya , kira-kira penyebabnya apa??
BalasHapus