Pemahaman teknis dan non teknis sebelum servis motor (part 1)

 

Perhatikan hal-hal berikut ini nih brosis:

Tanda 'awas!' Menunjukan diperlukannya "kewaspadaan tinggi" karena dapat beresiko membahayakan keselamatan jiwa apabila petunjuk tidak diikuti.
Tanda 'Perhatian!' Menunjukkan "kewaspadaan sedang" karena dapat merusak komponen atau peralatan kendaraan apabila petunjuk tidak dipatuhi.
Tanda 'Catatan!' memberi petunjuk atau keterangan yang dapat membantu melakukan pekerjaan servis atau perbaikan secara mudah dan efisien.

# Untuk service umum  rutin dan perbaikan
  • Pertama-tama matikan switch ignition dan katup bensin, Lalu taruh sepeda motor dengan standar tengah.
  • Bila mesin harus dinyalakan hindarilah tempat yang tidak ada ventilasi udaranya. Gas buang kendaraan bermotor mengandung racun (diantaranya karbon monoksida) yang bisa merugikan kesehatan.
  • Hati-hati agar tidak menyentuh knalpot sewaktu mesin menyala.
# Massa battery (accu/aki)

Perhatian! Lepaskan kabel negatif (-) terlebih dahulu kemudian baru kabel positif (+). Setelah sepeda motor selesai di servis, pertama sambungkan kabel positif (+) pada terminal positif (+) aki kemudian pasang kabel negatif (-).

# Elektrolit dan gas hidrogen battery


Awas! aki dapat mengeluarkan gas yang bisa meladak (explosive). Sebab itu, jauhkan aki dari percikan bunga api, rokok atau sesuatu yang dapat menyulut api. Sediakan ventilasi yang cukup ketika mengisi (charging) muatan listrik kedalam aki.
  • Jika cairan elektrolit (zuur, air aki) mengenai kulit, bilas dengan air bersih.
  • Jika cairan elektrolit mengenai mata, bilas dengan air bersih sebanyak mungkin dan segera berobat ke dokter.
  • Cairan elektrolit sangat beracun dan perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Apabila tertelan segera minum air sebanyak mungkin dan segera minta pertolongan dokter.
# Minyak rem

Perhatian! apabila minyak rem tertumpah dan mengenai komponen atau bagian sepeda motor yang berlapis cat, baik terbuat dari plastik maupun karet bagian itu bisa rusak. Tutuplah bagian-bagian tertentu dengan lap bersih ketika sedang menangi sistem rem. Jauhkan minyak rem dan perkakas yang membahayakan dari jangkauan anak-anak.

# Membersihkan kendaraan sebelum dibongkar

Bersihkan bagian motor dahulu sebelum dibongkar. Kotoran atau material lainnya dapat masuk ke dalam bagian mesin selama melakukan pembongkaran karena itu keausan yang berlebihan dapat terjadi dan mengakibatkan performa mesin turun.

# Mengganti komponen-komponen

Ganti komponen-komponen dengan genuine parts (suku cadang asli) atau yang dianjurkan pabrikan. Gasket, O-rings, oil seals, grease seals, circlip atau cotter pin harus diganti dengan yang baru ketika dibongkar.

# Urutan pengencangan baut-baut komponen

Umumnya ketika memasang komponen beberapa baut, mur atau sekrup, dimulai dari yang terdekat dengan lubang dan kencangkan untuk menempatkannya kemudian kecangkan sesuai dengan urutan spesifikasinya untuk mencegah kelengkungan atau memuainya komponen tersebut untuk menghidari kerusakan. Ketika mengendurkan baut, mur atau sekrup, pertama-tama kendurkan semuanya seperempat putaran kemudian baru lepaskan satu persatu. Jika urutan spesifikasi kekencangan tidak ada, kencangkan secara menyilang dan lakukan secara bertahap, jangan kecangkan sekaligus.

# Torsi pengencangan baut

Penggunaan torsi yang tidak tepat untuk baut, mur atau sekrup akan mengakibatkan kerusakan serius. Kecangkan sesuai spesifikasi torsi dan gunakan kunci torsi yang berkualitas baik.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throttle Position Sensor (TPS) Yamaha Jupiter MX 135

Dua Cara Melacak Top Kompression

Motor Tidak Langsam dan Lambat Langsam, Denotasi