Pemahaman teknis dan non teknis sebelum servis motor (part 2)

 

# Gasket dan O-ring

Gasket dan O-ring yang keras, aus atau rusak setelah dibongkar dapat menyebabkan kekurangannya atau hilangnya kemampuan atau fungsinya. Lepaskan gasket yang lama dan bersihkan permukaan bagian yang semula tertutup gasket dari material gasket atau material lainnya. Pasang gasket baru dan O-ring bekas ketika merakit kembali.

# Gasket cair dan nonpermanent locking agent

Untuk penggunaan yang membutuhkan gasket cair atau nonpermanent locking agent, bersihkan permukaan hingga tidak ada lagi sisa oli yang menempel sebelum menggunakan gasket cair atau nonpermanent locking agent. Jangan gunakan nonpermanent locking agent secara berlebihan. penggunaan yang berlebihan dapat menyumbat saluran oli dan menyebabkan kerusakan mesin yang serius.

# Penekanan dalam pemasangan laher dan seal

Untuk memasang komponen-komponen seperti laher atau oil seal, kita harus memberikan tekanan agar mereka masuk ke dalam tempatnya. Gunakan sedikit oli pada pinggir luar areanya. pastikan untuk selalu menjaga kesejajarannya dan tekan perlahan (landasi dengan laher dan oil seal bekas) ketika memasang.

# Ball bearing dan needle bearing

Jangan lepaskan ball atau needle ketika melepas atau karena anda harus menggantinya dengan yang baru ketika ball atau needle lepas. Tekan bearing dengan tanda menghadap keluar. Tekan bearing kedalam tempatnya dengan memukul kedalam pada race bearing yang benar seperti yang diperlihatkan.

Penekanan yang tidak benar pada race dapat menyebabkan tekanan diantara race bagian luar dan bagian dalam tidak rata. Hal itu dapat mengakibatkan bearing rusak.

# Oil seal dan grease seal

Jangan tekan oil seal atau grease seal ketika melepasnya. Jika perlu, ganti oil seal atau grease seal dengan yang baru ketika dilepas. Tekan oil seal baru dengan tanda menghadap keluar. pastikan seal sejajar ketika dipasang, dan berikan grease atau gemuk pada bibir oil seal sebelum memasangnya.

# Circlips dan cutter pins

Ganti circlips atau cutter pins ketika dilepas dengan yang baru. Hati-hati dengan clip. Jangan sampai di buka berlebihan ketika memasangnya untuk mencegah pemuaian atau melar.

# Pelumasan

Sangat penting untuk melumasi komponen yang berputar atau bersinggungan terutama ketika merakit atau memasang untuk mengurangi terjadinya keausan selama mesin bekerja. Lumasi bagian-bagian tersebut sesuai dengan petujuk. Gunakan oli atau grease yang sesuai dengan spesifikasinya.

# Arah putaran mesin

Ketika Crankshaft diputar dengan tangan, jumlah arah putaran bebasnya akan memengaruhi penyetelan. Putar crankshaft searah jarum jam (dilihat dari sisi luar).

# Peralatan ukur

Gunakan alat ukur yang akurat untuk melakukan pengukuran yang teliti. baca instruksi dari pembuatnya terlebih dahulu sebelum menggunakan pengukur tersebut. Nilai yang salah menyebabkan penyetelan yang tidak benar atau hasil pekerjaan menyimpang.

# Kabel listrik

Varian kabel listrik terdiri atas dua jenis. Satu, kabel listrik berwarna satu macam. Kedua, dalam satu kabel terdiri dari dua warna. Dua warna kabel menunjukkan cirinya, pertama warna utama dan warna garis. Kecuali instruksi lainnya, kabel listrik harus disambungkan dengan warna yang sama. Hati-hati jangan sampai tertukarkarena dapat menyebabkan korsleting yang sangat mungkin menyebabkan kerusakan komponen dengan mana kabel itu terhubung.

# Larutan bensin

Pakailah larutan bensin untuk membersihkan komponen-komponen kendaraan bermotor karena larutan bensin tidak membuat melar seal atau bahan-bahan yang terbuat dari karet. Khusus untuk komponen kaliper rem yang dilepas gunakan air sabun atau deterjen untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throttle Position Sensor (TPS) Yamaha Jupiter MX 135

Dua Cara Melacak Top Kompression

Motor Tidak Langsam dan Lambat Langsam, Denotasi