Rantai Mesin (keteng)

 

1.  Fungsi Rantai Mesin

Rantai mesin menghubungkan roda gigi poros noken as. Roda gigi poros noken as adalah penggerak atau penekan rocker arm. Roda gigi poros noken as digerakan oleh roda gigi poros engkol. Secara garis besar rantai mesin berfungsi untuk menggerakkan klep isap dan klep buang agar proses pembakaran pada sepeda motor menjadi sempurna.
Mengacu fungsi rantai mesin diatas berarti diperlukan ketegangan rantai yang tepat untuk menyelaraskan antara putaran kruk as dan noken as. Keselarasan ini membantu kesempurnaan performa mesin motor atau ketepatan pengapian (lignition timing) guna mandapatkan debit pemasukan bahan bakar dan debit pembuangan gas bakar yang ideal.

2.  Penggantian Rantai Mesin

Lazimnya, rantai mesin (keteng) motor harian dianjurkan diganti setiap 25.000 km. Namun, hal ini tergantung pada bagaimana (kebiasaan) seseorang mengendarai motor, rentang waktu penggantian oli mesin, dan kualitas oli yang dipakainya. Bila seseorang sering mengentak gas atau ngebut, life time rantai mesin bisa menjadi lebih pendek.

Tanda-tanda rantai mesin harus diganti:

  • Paling gampang adalah dengan mendengarkan suara di blok silinder sebelah kiri. Bila rantai itu kendur terdengar suara kasar atau berisik karena terjadi gesekan yang berlebihan.
  • Pada motor yang masih standar biasanya mesin susah langsam.
  • Secara mekanis dapat dilakukan dengan cara membuka tutup atas rantai mesin ( tutup gigi timing), lalu periksa dengan cara menonjok rantai dengan obeng minus apabiala spelling berlebihan, artinya rantai mesin sudah saatnya diganti.
  • Coba motor dikendarai rasakan performa mesin pada saat mesin di gas. Bila akselerasinya kendaraan telat, ini adalah pertanda sudah saatnya rantai mesin diganti.
  • Bunyi semakin terasa saat motor dalam keadaan engine brake.
  • Motor sulit dihidupkan.

Lakukan pengecekan secara cermat dan akurat sebagai berikut: 

  • Mengukur panjangnya, untuk mengetahui tingkat kemulurannya (rantai harus terlepas dari mesin). Bandingkan dengan rantai mesin yang baru dan original pakai alat ukur untuk mengukurnya. 
  • Cara lain yang lebih praktis adalah dengan mengukur tingkat ketegangannya dengan cara mengangkat rantai pada posisi lurus horizontal. Bila rantai mesin kelihatan terlalu melengkung, itu tandanya rantai mulai aus.
Mengukur panjang rantai mesin (keteng)

Beberapa hal yang menyebabkan rantai timing cepat aus antara lain:

  • Pertama, saat komponen dipasang pada motor, penyetelannya terlampau kencang. Oleh karena itu pemasangan rantai mesin ini perlu diperhatikan dengan baik agar setelan rantai timing pas. 
  • Kedua, komponen pendukung yang sistem kerjanya terkait sudah mengalami keausan tetapi tidak diganti. Untuk itu perhatikan apakan gir (gear sprocket) rantai timing cacat (penyok atau ada sempal) atau tidak. Gir yang penyok sudah tentu akan membuat putaran rantai tidak stabil sehingga usia rantai timing cepat berkurang. 
  • Ketiga, faktor terakhir yang menyebabkan rantai timing cepat aus adalah kelalaian untuk mengganti oli mesin atau bisa juga karena kualitas pelumas mesin yang kurang baik. Untuk masalah yang satu ini tak ada cara lain selain mengganti oli mesin secara teratur umumnya setiap 2000 s/d 2500 km sekali dan gunakan selalu pelumas yang berkualitas sesuai dengan anjuran produsen motor dan pastikan volumenya tepat.

3.  Pemasangan Rantai Mesin (Testioner)

  • Masukkan poros penekan dengan cara memutarnya searah jarum jam dengan sebuah obeng kecil.
  • Setelah kedua baut kencang lepaskan obeng tersebut.
  • Periksa kembali kekencangan rantai mesin.

 
Obeng pipih dan kunci ring 8

Komentar

  1. knpa habis ganti rantai timing suara nya jadi berbeda,,,itu di sebab kan karna apa gan..??

    BalasHapus
  2. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throttle Position Sensor (TPS) Yamaha Jupiter MX 135

Dua Cara Melacak Top Kompression

Motor Tidak Langsam dan Lambat Langsam, Denotasi