Trik simpel rawat krom : Dengan bedak

Hujan mulai datang rutin, berarti perawatan motor juga harus lebih maksimal nih brosis, dari musim kemarau kemarin. Terlebih buat bikers yang membalut beberapa bagian komponen motor dengan krom. Pastinya akan cemas, lapisan chrome akan menguning saat hujan melanda. Tapi ente gak perlu resah brosis,  kalo ngikutin trik seperti ini nih...

Biar Tetap Mengkilap

Sebenarnya gak usah takut kuning bila kualitas chrome memang terjamin bagus.  Palingan setelah kena air hujan, langsung bilas air bersih. Kalo dibiarin terkena air hujan, lama-lama bisa kuning.

Kalo krom mau awet dan tetep mencilak alias cling, harus dirawat. Gak susah, kok. Mau tau? Oke, awalnya loe siapin dulu yang dibutuhin untuk perawatan chrome saat musim hujan. Sabun khusus motor, kain bersih yang halus dan bedak. Setelah semua siap,  kita langsung ke proses pekerjaan.
Pastinya, motor loe mandiin dulu, kalo abis main hujan-hujanan. Gunain air bersih untuk mengguyur bagian yang kering dan tampak kotor, terutama pada bidang atau bagian komponen yang dilapis krom.
Trus sabunin dah, semua bagian yang dibalut chrome. Jangan sampai ada yang terlewat ya, pokoknya semua harus bersih. Setelah semua bagian terkena sabun, kita bilas lagi pakai air bersih sampai gak ada lagi kotoran dan sisa sabun yang menempel. Gunakan lap yang bersih dan lembut untuk menyeka sisa air pada bagian chrome.
Setelah semua bagian sudah kering baru deh, kita gunakan bedak untuk mengkilapkan bagian chrome yang tadinya kotor karena air hujan. 
Saat proses ini harus pakai bedak ya. Karena sifat bedak yang halus jadinya dapat mengurangi baret pada chrome saat membersihkan.

Gak cuma pipi atau wajah brosis kan yang dibedakin, tapi parts motor ente yang dikrom juga bisa dibedakin...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Throttle Position Sensor (TPS) Yamaha Jupiter MX 135

Dua Cara Melacak Top Kompression

Motor Tidak Langsam dan Lambat Langsam, Denotasi