GANTI PACKING
Jika mesin kendaraan agan kotor oleh rembesan oli itu berarti ada kerusakan di bagian packing yang menyebabkan kebocoran. Packing yang rusak harus segera mungkin diganti sebelum onderdil-onderdil lain rontok. Kebocoran packing cukup riskan untuk mesin 4-tak. Bisa dibayangkan bila poros engkol berputar dengan hanya sedikit oli mesin. Dinding silinder bisa terkoyak ring piston. Komponen berputar pada head seperti noken as dan rocker arm akan hancur. Bagian-bagian yang rawan rembes atau bocor, seperti: Packing head Packing block Packing tutup gigi timing Seal magnet O-ring (tutup klep) Seal perseneling Seal gear depan Seal kick starter Gantilah packing dengan yang original (asli). Sebaiknya setelah menempuh jarak sekitar 6000 km lakukan sevis besar. Pada motor 2-tak penggantian gasket lebih sering terjadi. Sebaiknya ganti packing head maupun packing block. Lubang bilas dan lubang transfer pada motor 2-tak lebih cepat kotor dan menyempit karena kerak. Imbasnya adalah