Postingan

GANTI PACKING

Gambar
  Jika mesin kendaraan agan kotor oleh rembesan oli itu berarti ada kerusakan di bagian packing yang menyebabkan kebocoran. Packing yang rusak harus segera mungkin diganti sebelum onderdil-onderdil lain rontok. Kebocoran packing cukup riskan untuk mesin 4-tak. Bisa dibayangkan bila poros engkol berputar dengan hanya sedikit oli mesin. Dinding silinder bisa terkoyak ring piston. Komponen berputar pada head seperti noken as dan rocker arm akan hancur. Bagian-bagian yang rawan rembes atau bocor, seperti: Packing head Packing block Packing tutup gigi timing Seal magnet O-ring (tutup klep) Seal perseneling Seal gear depan Seal kick starter Gantilah packing dengan yang original (asli). Sebaiknya setelah menempuh jarak sekitar 6000 km lakukan sevis besar. Pada motor 2-tak penggantian gasket lebih sering terjadi. Sebaiknya ganti packing head maupun packing block. Lubang bilas dan lubang transfer pada motor 2-tak lebih cepat kotor dan menyempit karena kerak. Imbasnya adalah

Rantai Mesin (keteng)

Gambar
  1.  Fungsi Rantai Mesin Rantai mesin menghubungkan roda gigi poros noken as. Roda gigi poros noken as adalah penggerak atau penekan rocker arm. Roda gigi poros noken as digerakan oleh roda gigi poros engkol. Secara garis besar rantai mesin berfungsi untuk menggerakkan klep isap dan klep buang agar proses pembakaran pada sepeda motor menjadi sempurna. Mengacu fungsi rantai mesin diatas berarti diperlukan ketegangan rantai yang tepat untuk menyelaraskan antara putaran kruk as dan noken as. Keselarasan ini membantu kesempurnaan performa mesin motor atau ketepatan pengapian (lignition timing) guna mandapatkan debit pemasukan bahan bakar dan debit pembuangan gas bakar yang ideal. 2.  Penggantian Rantai Mesin Lazimnya, rantai mesin (keteng) motor harian dianjurkan diganti setiap 25.000 km. Namun, hal ini tergantung pada bagaimana (kebiasaan) seseorang mengendarai motor, rentang waktu penggantian oli mesin, dan kualitas oli yang dipakainya. Bila seseorang sering meng

Cara Airbrush Velg

Gambar
Cara Airbrush Velg –Berikut adalah Cara Airbrush Velg Glow In The Dark atau menyala di kegelapan. Anda bisa meng-airbrush pada velg motor maupun velg mobil Anda. Ya kalau punya duit banyak sih bisa suruh orang dibengkel, tapi kalau ingin berkreasi sendiri?? Inilah saatnya… hahaa Cara Airbrush Velg Glow In The Dark   Cara yang di gunakan sangat mudah yaitu dengan menggunakan cat fosfor. Cat Fosfor adalah cat yang mengandung bahan fosfor yang bisa menghasilkan efek menyala ketika berada di kegelapan. Cat Clear dan Cat Fosfor dengan isi 250 ml. (di toko bengkel cat modif banyak) Warna yang tersedia untuk Cat Fosfor ini sekarang udah cukup bervariasi yaitu hijau, Biru, Merah, Kuning, dan Merah Tua. Harganya kalau tidak salah buat yang Hijau di patok harga Rp.180.000 dan warna lainnya sih sekitar Rp. 250.000 sampai 350.000 Perlu diperhatikan juga kalau mau mengaplikasikan cat fosfor ini usahakan jangan buat yang pelek model jari jari. Percuma, nanti banyak cat yang kebuang sia

Tips Merawat Tangki Motor

  Ini ada sedikit Tips merawat tangki motor dari berbagai sumber, agar tangki motor tidak bocor: Berikan magnet pada dalam tangki, berfungsi untuk menarik kerak-kerak besi pada dalam tangki Jika sudah bocor ganti plat bawah tangki dengan plat bahan Galvanis trus bagian dalam tangki di cat poksi anti karat, dijamin tidak ada keluhan rembesan yang berpindah pindah. Rekomendasinya menggunakan epoxy tapi karena lubangnya terlalu besar ditutup dulu dengan fibreglass woven dan resin, jadi ada composite material. butuh waktu sekitar 6 jam sampe kering benar. campuran hardenernya dipilih tidak terlalu banyak, agar tidak getas, dan kurang nempel. jika sudah tertempel rapi dan baik di bagian tangki yg bocor baru akhirnya ditutupi lagi seluruhnya dengan epoxy/plastic steel. permukaan yang ditutup material ini sengaja lebih lebar dari yang ditutup pelat kompositenya berharap dari kekuatan material kedua ini, semuanya lebih terekat baik. Untuk bahan yang kedua ini

Pemahaman teknis dan non teknis sebelum servis motor (part 2)

  # Gasket dan O-ring Gasket dan O-ring yang keras, aus atau rusak setelah dibongkar dapat menyebabkan kekurangannya atau hilangnya kemampuan atau fungsinya. Lepaskan gasket yang lama dan bersihkan permukaan bagian yang semula tertutup gasket dari material gasket atau material lainnya. Pasang gasket baru dan O-ring bekas ketika merakit kembali. # Gasket cair dan nonpermanent locking agent Untuk penggunaan yang membutuhkan gasket cair atau nonpermanent locking agent, bersihkan permukaan hingga tidak ada lagi sisa oli yang menempel sebelum menggunakan gasket cair atau nonpermanent locking agent. Jangan gunakan nonpermanent locking agent secara berlebihan. penggunaan yang berlebihan dapat menyumbat saluran oli dan menyebabkan kerusakan mesin yang serius. # Penekanan dalam pemasangan laher dan seal Untuk memasang komponen-komponen seperti laher atau oil seal, kita harus memberikan tekanan agar mereka masuk ke dalam tempatnya. Gunakan sedikit oli pada pinggir luar ar

Koleksi Foto Motor

Gambar
  Klik gambar untuk tampilan besar